Perbedaan Ikan Piranha dan Ikan Bawal

Baca Juga

Tahukah anda ikan buas ini? Yap, Ikan Piranha, Ikan piranha adalah ikan air tawar yang mendiami sungai amazon. Spesiesnya sangat banyak, bahkan sampai tercatat ada 40 spesies. Panjang tubuhnya mencapai 5,5 hingga 17 inci dan beratnya bisa mencapai 7,7 kg.

Jika kita amati piranha dan bawal sangat mirip, mereka sama-sama dari sungai Amazon lho.

Ikan bawal pertama kali masuk di Indonesia sebagai ikan hias yang dipelihara di aquarium ataupun kolam, akan tetapi karena perkembangan ikan bawal sangat cepat menjadikan bawal tidak cantik lagi untuk dijadikan ikan hias. Di tambah dengan rasa daging ikan bawal yang gurih, akhirnya ikan bawal menjadi ikan konsumsi, kasihan nasibnya ya he he.


Perbedaan ikan piranha dan ikan bawal adalah sebagai berikut:

Ikan piranha

~ Gigi piranha tajam dan runcing serta rapi bak gergaji
~ Pada dahi piranha agak menonjol
~ Dan tidak adanya bercak hitam pada tubuh piranha

Ikan bawal

~ Pada gigi ikan bawal mirip bentuk sekop yang bagian ujungnya meruncing
~ Dahi ikan bawal tidak menonjol, bahkan terlihat cekung
~ Biasanya pada bagian samping tubuh ikan bawal ada bercak


Nama latin ikan piranha adalah Pygocentrus nattereri. Yang mana masuk dalam keluarga characidae, yang berarti termasuk ikan omnivora.

Omnivora berarti memakan apa saja, bukan hanya daging bahkan juga memakan tumbuhan. Sebagian spesies ikan piranha bahkan hanya memakan tumbuh-tumbuhan, jadi tak semuanya karnivora ya.

Biasanya piranha makan hewan-hewan air yang ada di lingkunganya seperti misalnya siput, katak, ikan, serangga, tumbuhan, bunga, biji-bijian dan juga buah-buahan.

Ikan piranha jenis perut merah (red bellied) adalah yang paling ganas dan agresif dari pada spesies piranha yang lainya. Giginya runcing dan tajam bahkan tersususn sangat rapi.

Ikan piranha juga disebut ikan kanibal, karena pada saat dimana ia hidup dan persediaan makanan mulai jarang ditemukan, maka ia mulai agresif terhadap sesamanya dan melakukan kanibalisme.

Nah jika piranha ini adalah salah satu jadi ikan hias peliharaan anda, maka jangan sampai telat dalam pemberian pakan jika tidak ingin mereka saling menyerang dan memakan antar satu sama lainnya.
Share
 
Copyright © 2015. Ikan Predator.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License