Ikan Arapaima Gigas, Ikan Terbesar Sungai Amazon

Baca Juga

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain. Sumber:wikipedia.org
Ikan Arapaima Gigas

Ikan ini hanya ada 1jenis tidak bervariasi yaitu Arapaima Gigas/Piracucu. Ikan ini memerlukan aquarium yang sangat besar, dikarenakan ikan ini dapat tumbuh dengan cepat dan maksimal tumbuh mencapai 5 meter di alam liar. Untuk setup tank nya dapat dibuat polos seperti gambar aquarium diatas, dapat juga dengan gravel, bebatuan dan tanaman agar terkesan alami. Zona renang ikan ini biasanya berada di tengah dan atas permukaan dengan suhu 24-30 derajat celcius.Untuk sedikit deskripsinya ikan ini termasuk ikan lidah bertulang/”Bony tounge”dan termasuk ikan yang sangat dilindungi !

#Pakan Ikan Arapaima

Ikan ini termasuk ikan Karnivora yang memakan berbagai pakan hidup, walaupun dia masih dapat menerima pakan non hidup lainnya.

Hidup        : Anakan ikan, Jangkrik/ belalang, udang sungai, dan tikus.
Non hidup : Ikan mati, daging yang sudah diris-iris.

#Perkembangbiakan.

Ikan ini berkembangbiak dengan cara mouthbrooder atau menyimpan anaknya didalam mulutnya.

#Penyakit yang sering menyerang ikan ini.

Masih belum diketahui beberapa penyakit yang rentan terhadap ikan ini, namun ikan ini termasuk ikan yang kuat,jadi dia tidak gampang mati pada saat baru memeliharanya!

#Tips dan Fakta tambahan.

  1. Ikan ini masih bersaudara dengan Arowana yang sama-sama bony tounge.
  2. Ikan ini mempunyai lidah yang hampir sepanjang 15meter.
  3. Apabila sedang terjadi kekeringan disungai,maka ikan ini akan menggulungkan badannya dan membentuk bola lalu bersembunyi di dalam liang sampai air kembali datang.

#Pengalaman Hobiis.

Bukan pengalaman saya sendiri sih,tapi ini adalah pengalaman teman saya. Dia mempunyai arapaima dengan ukuran 65cm di kolam yang sangat besar. Ikannya cukup aktif kesana kemari dan sangat menyukai makan seperti ikan mati. Semakin luas tempatnya ikan ini dapat tumbuh dengan cepat sekali.
Share
 
Copyright © 2015. Ikan Predator.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License